Mengenal 4 Jenis Burung Cipoh Kacat Berserta Gambar dan Suaranya

Jenis - Jenis Burung Cipoh Kacat - Aegithina tiphia atau yang di kenal dengan burung cipoh merupakan jenis burung kicau kecil yang di temukan di benua india. Burung Cipoh Mempunyai paruh menonjol, kekang yang tegak. Burung cantik ini masih termasuk dimorfisme seksual.

Penyeberan burung cipoh atau kacat di mulai dari Persia, India, Annam, Indochina, Dan Malaysia, di indonesia burung cipoh dapat dengan mudah di jumpai di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Hingga Pulau Bali.

Jenis Burung Cipoh

Habitat burung ini sangat lah luas mulai dari hutan skunder, perkebunan, padang terbuka hingga huntan mangrove yang ada di tepian pantai. Di wilayah indonesia burung cipoh senang tinggal di tepian hutan yang tidak terlalu lebat, biasanya burung cipoh membuat sarangnya di pinggir hutang pada cabang pohon - pohon yang rendah, kadang kala sarang burung cipoh di temukan di perkebunan raykat, semak - semak hingga ladang anggrek.

Burung cipoh jantan di musim kawin mempunyai garis hitam pada punggung hingga sayap dan ekor. Sementara pada cipoh betina memiliki sayap berwarna hijau dan pada ekor mempiunyai hijau zaitun. pada bagian dada kedaunya memiliki warna kuning, pada jantan warna kuning pada bagian dada atau bawah di batasi warna putih di bagian sayap.

Sementara pada jantan memiliki dominasi warna varian hitam pada bagian atas yang di sebut sebagai cipoh jantung. namun ada ciri khusus untuk membedakan keduanya pada bagian ekor yang berujung warna putih.  Di indonesia burung cipoh memiliki banyak nama seperti :

Nama - Nama Lain Burung Cipoh di Indonesia
  • Burung kunyit kecil
  • Burung cipo
  • Burung cito
  • Burung cipeuw
  • Burung sirpu 
  • Burung sirtu 

Jenis - Jenis Burung Cipoh Lengkap dengan Gambar dan Suaranya

1. Burung Cipoh Besar / Great Iora (Aegithina lafresnayei)


burung cipoh besar

Warna pada burung Aegithina lafresnayei atau cipoh besar ini lebih dominan warna kuning. Cipoh besar dapat dengan mudah di jumpai di Vietnam, Thailand, Malaysia, Laos, Cina, hinggaa Kamboja.

Warna kuning yang di milik terletak pada bagian bawah paruh, leher, dada dan perut sampai kebawah ekor. di bagian atas kepala sayap dan tengkuk lebih didominasi warna hijau zaitun.

2. Burung Cipoh Ekor Putih / White-Tailed Iora (Aegithina Nigrolutea)


Burung Cipoh Ekor Putih

Cipoh ekor putih atau White-Tailed hanya bisa di temukan di wilayah india dan srilanka. Postur tubuh dari cipoh ekor putih mirip sekali dengan cipoh kacar. tetapi ada yang membedakan spesies ini dengan cipoh kacat yang terpadat pada bagian tepi yang mempunyai warna putih pada bulu ekornya.

Pada awalnya cipoh ekor putih di anggap masih satu keluarga dengan cipoh kacat, namun karena banyaknya perbedaan morfologai, bulu, dan vokalisasi atau suara burung ini di anggap menjadi spesies yang terpisah.

3. Burung Cipoh Jantung / Green Iora (Aegithina Viridissima)


burung cipoh jantung

Cipoh jantung dapat dengan mudah kita temui di indonesia. cipoh jantaung memiliki ukuran sekitar 13cm lebih kecil dari dari pada cipoh kacat.

Burung ini tersebar di asia tenggara dengan warna pada bulu hijau tua serta garis putih pada bagian sayap hampir mirip dengan cipoh kacat. akan tetapi pada bagaian dada memiliki warna hijau dan bagian tubuh berwarna lebih gelap.

Pada betina burung ini lebih mirip dengan cipoh kacat, namun warna pada betina lebih hijau gelap, dengan garis pada sayap cenderung lebih kekuningan suaranya pada betina pun dengan mirip atau sama dengan cipoh kacat akan tetapi lebih nyaring.

4. Burung Cipoh Kacat / Common Iora (Aegithina Tiphia)

Burung Cipoh Kacat

Di indonesia burung ini lebih di kenal dengan nama cipoh kacat, spesies burung tidak hanya berada di indonesia tapi ada juga di kawasan lainya termasuk di asia tenggara, filipina dan malaysia.

Postur tubuh yang di oleh burung ini sekitar 14 cm pada ukuran dewasa, bulu yang di miliki oleh cipoh kacat berwarna kuning kehijau - hijauan dengan vairan waran gelap hitam serta putih pada bagian sayap. kemudian pada bagian paruh memiliki dua varian warna yaitu hitam dan abu - abu kaki pada burung ini juga berwarna abu - abu.

Jika di lihat sepintas burung ini memiliki penampilan mirip burung cipoh ekor putih yang berada di india dan serilanka, berbeda dengan cipoh kacat yang tidak memiliki warna putih pada bagian ujung ekor.

Burung Cipoh di indonesia sudah banyak sekali yang memiliharanya karena suaranya dan warna pada bulunya yang exsotis, untuk ciri suara burung cipoh kalian bisa download suara burung cipoh di bawah ini :

Download Suara Burung Cipoh Mp3 Untuk Pikatan


Suara Sirtu Gacor Mp3 Download

Suara Sirtu Pikat Mp3 Download

Suara Burung Sirtu Download

Sirtu Pemikat Download

Mp3 Sirtu Master Download

Demiakan lah artikel jenis burung kicau cipoh yang saya bagiakn kepada kalian. Salam Lestari