6 Cara Membedakan Kerakbasi Jantan Dengan Betina Dari Peneliti

Burung kerakbasi merupakan salah jenis burung kicau kecil yang memiliki suara yang merdu, jenis suara yang di ocehkan dari burung kerakbasi terdengan seperti tembakan dan sangat bervariasi, membuat burung ini banyak sekali di incar oleh para pecinta burung kicau.

Namun, hanya kerakbasi berjenis kelamin jantan saja yang mempunyai kicau bervariasi, maka dari itu banyak sekali orang mencari burung ini dengan kelamin jantan.

sekarang ini sangat lah susah sekali untuk membedakan jenis kelamin jantan dengan betina, karena burung ini termasuk endemik baru, dan susahnya mendapatkan informasi. 

untuk seorang yang belum berpengalam tentu saja sangat sulit sekali untuk membedakan jantan dan betina bukan?

Tenang, kali ini saya akan membagikan informasi yang akurat dari peneliti tentang cara membedakan kerakbasi berkelamin jantan dengan betina.

burung kerakbasi

Perbedaan Burung Kerakbasi Jantan Dengan Betina

  1. Ciri Kerakbasi jantan yang pertama bisa dilihat dari postur tubuh, kerakbasi berkelamin jantan memiliki ukuran tubuh yang besar serta gagah. Namum, berbeda sekali dengan jenis kelamin betina, untuk kelamin betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari jantan.
  2. Ciri selanjutnya yang dapat kita lihat ada pada bagian warna alis, alis pada kerakbasi jantan memiliki warna hitam lebih pekat yang berada di sekitar mata. namun, berbanding terbalik dengan kerakbasi betina yang memiliki warna alis lebih pudar pada bagian mata. 
  3. Kalian juga bisa melihat pada bagikan warna bulu di bagaian sayap, pada kelamin janta warna bulu sayap lebih pekat dan memiliki bulu sayap kerbas yang keras  besar dan panjang. 
  4. Kemudian anda juga bisa membedakan dari ekor, umumnya ekor burung berkelamin jantan lebih panjang. berbeda sekali dengan kelamin betina yang memiliki ekor yang lebih pendek.
  5. Selanjutnya anda bisa membedakannya dengan melihat ukuran kaki, ukuran kaki kerakbasi jantan lebih panjang dan memiliki ukuran pergelangan yang lebih besar dan lebih gagah saat nangkring. untuk kelamin betina memiliki ukuran kaki yang lebih pendek serta pergelangan yang kecil dari jantan. 
  6. Anda juga dapat membedakan kerakbasi jantan dengan betina dengan mendengarkan suara kicaunya. Pada kerakbasi jantan memiliki varian suara, dan pada kelamin betina memiliki suara yang lebih monoton dari jantan. 
Pada umumnya cara ini dapat berguna sekali jika kalian ingin mebeli burung ini di ombyokan atau di kios - kios jual beli burung, karena di sana akan banyak sekali pilihan. ingat, jika anda ingin membeli burung ini pilihlah dengan teliti agar tidak terjadi hal - hal yang tidak anda inginkan.